Flush Bolt, Door Stopper, Door Viewer? apa itu?

Selama ini taunya hardware pintu dan jendela itu engsel, kunci, dan grendelan (bahasa apa itu?). Ternyata ada beberapa item lain seperti door viewer, door stopper, lockcase and cylinder lock, dll  yang harganya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah loh.

1. Engsel / Hinges

Engsel ini berfungsi untuk menggerakkan pintu dengan cara dipasang menyatu dengan kusen (dan kusen menyatu dengan dinding). Secara umum engsel dipasang di sisi vertikal, namun untuk pintu kaca sering dipasang di bagian bawah dan atas atau dikenal dengan sebutan floor hinges dan patch fitting. Sedangkan untuk jendela engselnya disebut casement. Bisa dipasang secara top atau side.

2. Gagang pintu / Handle

Fungsinya untuk membuka pintu. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari lever handle yang umum ditemui di pintu-pintu rumah, push & pull handle yang bentuknya memanjang horisontal atau vertikal yang umum ditemui di pintu kaca, besi, atau panel kayu yang berukuran besar.

3. Lockcase & Cylinder lock

Inilah yang sebenarnya kunci. Terletak di bagian dalam pintu. Lockcase & cylinder lock yang bagus terbuat dari stainless steel dan tahan api.

4. Door viewer & Door stopper

Door viewer umumnya dipasang  di badan pintu, kira-kira setinggi mata manusia. Fungsinya tentu saja untuk melihat tamu yang datang. Sedangkan door stopper untuk menghentikan laju bukaan pintu agar tidak menumbuk dinding. Biasanya dipasang di lantai, atau di dinding atas, atau di pintu. Jika dipasang di pintu fungsinya menjadi ganda, yaitu sebagai gantungan baju.

11 - DS.jpg

5. Flush Bolt

Flush bolt ini biasa dipasang di atas dan di bawah sisi tebal pintu. Umumnya sih yang pakai flush bolt ini pintu double. Nama Indonesianya grendelan.

GT 1816.jpg

Tinggalkan komentar